Berjalan Kaki Mengurangi Resiko Terkena Stroke


Tiap-hari.blogspot.com - Berjalan Kaki Mengurangi Resiko Terkena Stroke
Menurut data dari World Health Organization(WHO) stroke masuk ke dalam ranking 20 besar penyakit pembunuh di Dunia. Umumnya stroke menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Namun ada juga beberapa remaja yang masih berumur belasan merasakan penyakit stroke tersebut.

Penyebab-penyebab stroke diantaranya adalah konsumsi alkohol, merokok, diabetes, hipertensi, dan aktivitas-aktivitas yang tidak sehat. Untuk menjauhi penuyakit stroke adalah dengan melakukan pola hidup sehat.

Akhir-akhir ini, sebuah studi dilakukan oleh tim peneliti dari Harvard School of Public Health yang menghubungkan aktifitas jalan kaki yang dilakukan selama dua jam atau lebih per minggu dengan resiko penyakit jantung yang dialami oleh penderitanya.

Penelitian tersebut menemukan adanya faktor aktifitas fisik yang memiliki peran besar dalam mengurangi resiko penyakit stroke. Studi yang diketuai oleh Jacob R. Sattelmair, MSc. tersebut melibatkan hampir 40ribu wanita dengan usia di atas 44tahun. Dalam penelitian tersebut peserta ditanyai tentang aktifitas fisik yang dilakukan secara selama rentang waktu 12 thun seperti aktifitas berjalan kaki, berlari, menari atau pun berenang. Ini dilakukan untuk mendapatkan hasil penilaian dari tingkat latihan yang mereka lakukan.

Studi tersebut menghasilkan bahwa mereka yang meluangkan waktu beraktifitas berjalan secara teratur selama dua jam atau lebih dapat mengurangi resiko penyakit stroke ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada wanita namun tidak menutup kemungkinan pula berlaku pada laki-laki. Penelitian tersebut juga menghasilkan bahwa tidak adanya hubungan antara aktifitas fisik yang berat dengan berkurangnya resiko penyakit stroke.

Berlari adalah aktivitas yang sangat mudah dilakukan. Tidak perlu ruangan atau tempat yang besar dan luas. Tidak memerlukan biaya yang besar. Sehingga bisa diterapkan dimanapun dan setiap saat. Semoga tips dan trik mengenai ulasan jalan kaki mengurangi resiko stroke.

Berikut artikel-artikel terkait yang perlu Anda ketahui :
Kebiasaan-Kebiasaan Menyehatkan di Pagi Hari
Tips Pengaturan Nafas Saat Berlari
Mengetahui Gejala dan Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi [Alami]
Manfaat Dari Olahraga Skipping
Manfaat Dari Olahraga Skipping

Artikel Menarik ? Berbagilah dengan yang lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Portal Berita Kesehatan Copyright © | Template design by Ario Ardi | Powered by Blogger