Buah Salak Memiliki Beragam Manfaat


Tiap-hari.blogspot.com - Buah Salak Memiliki Beragam Manfaat
Buah salak buah yang memiliki ciri khas rasa yang agak sepet, manis, dan agak asam. Salak tumbuh biasanya di wilayah tropis. Beberapa negara Asia Tenggara terkenal sebagai komoditi ekspor salak unggul, diantaranya Singapura, Thailand, Malaysia, dan negara tercinta Indonesia.


Salak memiliki berbagai jenis dengan kelebihan sendiri-sendiri. Misal salak bali, biasanya berukuran besar dan memiliki sedikit rasa asam. Dan salak unggulan yaitu seperti salak pondo, memang ukuran tidak lebih besar dari salak bali. Namun salak pondo memiliki rasa manis dan lezat. Selain rasanya yang enak, salak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat salak tersebut ? Berikut ulasan mengenai manfaat salak :

Kandungan Gizi Buah Salak

Buah yang memiliki rasa manis, asem dan agak sepet ini mengandung beberapa kandungan gizi yang cukup lengkap. Dalam 100 gram buah salak mengandung sekitar 368 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, dan zat besi 3,9 miligram. Selain itu kandungan vitamin C dari buah ini sebesar 8,4 miligram.

Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi lengkap dalam buah salak tersebut membuat buah ini kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah :

Meningkatkan Kinerja Otak
Buah salak memiliki khasiat yang bisa meningkatkan kinerja otak manusia. Adalah kandungan potassium dan pektin buah ini yang berperan membuat kinerja otak meningkat. Menurut sebuah penelitian, Potassium berguna dalam mengendalikan detak jantung, meningkatkan fungsi otak atau kecerdasan, dan juga beberapa proses fisiologi penting lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, adalah kandungan betakaroten dari buah ini yang berperan menjaga kesehatan mata kita. Kandungan betakatoren dalam buah salak betakaroten memiliki 5,5 kali lebih besar  dari buah mangga, serta 5 kali lebih besar daripada semangka.

Mencegah Sembelit
Mitos yang banyak beredar di masyarakat yaitu jika terlalu banyak makan salak menyebabkan susah BAB itu tidaklah benar. Padahal menurut seorang ahli gizi F.X. Wahyurin Mitano dari RSUD dr Soetomo yang menjelaskan bahwa kulit ari buah salak jangan dibuang ketika memakan buah salak. Karena dalam kulit tipis tersebut memiliki kandungan serat yang bisa bermanfaat mengurangi kemungkinan mengalami sembelit. Selain itu, salak juga mengandung tanin yaitu zat yang digunakan sebagai obat anti diare.

Membantu Program Diet.
Kandungan serat dalam buah salak berkhasiat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga sangat baik bagi anda yang menjalankan program diet.

Walaupun salak memiliki beragam manfaat, dalam pengkonsumsiannya harus tetap dibatasi. Karena salak dapat memberikan efek negatif jika dimakan berlebih, seperti gejala susah BAB.

Berikut artikel terkait yang mungkin Anda cari :
Buah yang Sering Digunakan Untuk Masker
Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan
 8 Manfaat Mengkonsumsi Pisang
Makanan Yang Membantu Pertumbuhan Badan
Manfaat dari Buah Durian

Artikel Menarik ? Berbagilah dengan yang lainnya

1 komentar:

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan
    salam kenal dari
    Resep Kolak kolang kaling

    BalasHapus

 

Portal Berita Kesehatan Copyright © | Template design by Ario Ardi | Powered by Blogger