Penyebab Diabetes Dan Pencegahannya


Tiap-hari.blogspot.com - Penyebab Diabetes Dan Pencegahannya
Diabetes atau juga biasa disebut dengan kencing manis adalah penyakit yang diakibatkan oleh gangguan yang berada pada metabolisme tubuh, hal tersebut disebabkan oleh organ pankreas yang tidak dapat memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Dan berikut faktor-faktor utama yang mengakibatkan diabetes :
  1. Keturunan
  2. Diet
  3. Malas Beraktivitas
  4. Teh Manis
  5. Kegemukan
  6. Stres atau Terlalu Tegang
  7. Kurang Tidur
  8. Suka Ngemil
  9. Gaya Hidup kurang Baik
  10. Merokok


Adapun Tanda-tanda munculnya penyakit kencing manis pada diri anda adalah sering dehindrasi, mudah haus terus-menerus, jika anda luka maka penyembuhannya lama, mudah kelelahan, dan penurunan berat badan.

Nah berikut tips pencegahan dari penyakit kencing manis.

Kurangi Berat Badan
80% diabetes dialami oleh kelebihan berat badan. Di sebuah penelitian oleh para ahli mengatakan bahwa orang dewasa yang kegemukan, mengurangi resiko diabetes mereka sebesar 16% untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal.

Porsi Makan yang Cukup
Saat makan cobalah untuk menseleksi makanan mana yang terbaik untuk anda makan, dan jangan terlalu berlebihan saat makanan. Dan cobalah untuk mengatur waktu makan anda seperti, 3 kali sehari.

Hindari Merokok
Selain berhubungan dengan diabets atau kencing manis, merokok juga dapat memicu munlunya penyakit jantung dan kenker paru-paru. Dan merokokpun dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.

Sering-sering Olahraga
Dengan melakukan aktivitas ini maka kadar gula yang ada di dalam tubuh anda, akan membantu untuk mengantarkan glukosa ke bagian-bagian tubuh yang memerlukan energi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu lakukanlah upaya pencegahan tersebut, sebelum diabetes menyerang.

Artikel Menarik ? Berbagilah dengan yang lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Portal Berita Kesehatan Copyright © | Template design by Ario Ardi | Powered by Blogger